Label

Kamis, 25 April 2013

Pengertian kebudayaan.


Mungkin kita sering mengatakan kata budaya dan kebudayaan tapi apakah kita tahu apa yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan. Pada tulisan ini akan membahas hal tersebut. Kata budaya mungkin dari kalian sudah ada yang tahu, kata budaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Dari penjelasan kamus diatas disebut budaya adala akal budi jadi kalau orang yang tak berakal budi bisa dibilang tak berbudaya. Tidak hanya itu Budaya dapat diartikan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sehingga budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, dalam kehidupan bermasyarakat seperti sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dalam kehidupan sehari dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, mereka suka mempelajari budaya sehingga budaya dapat dipelajari. Dikarenakan Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
1.   Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
·         alat-alat teknologi
·         sistem ekonomi
·         keluarga
·         kekuasaan politik
2.   Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
·         sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
·         organisasi ekonomi
·         alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
·         organisasi kekuatan (politik)
Terus apakah yang dimaksud dengan pengertian kebudayaan menurut Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Sedangkan secara tata bahasa diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia. Sehingga Kebudayaan sendiri dapat diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal atau pikiran manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik sekelompok manusia.

Referensi
http://www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-budaya-dan-kebudayaan.html
http://menarailmuku.blogspot.com/2012/12/pengertian-budaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://aliefsyahru.blogspot.com/2012/03/pengertian-kebudayaan.html http://dzuriyatunthoyibh.blogspot.com/2012/03/pengertian-kebudayaan.html
http://vatonilv.blogspot.com/2012/04/pengertian-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar