Label

Rabu, 16 Oktober 2013

Pengertian Pemuda

Pendahuluan 
Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung. akan tetapi di Indonesia ini sehubungan dengan adanya program pembinaan generasi muda pengertian pemuda diperinci dan tersurat dengan pasti. Ditinjau dari kelompok umur, maka pemuda Indonesia adalah sebagai berikut : 
1. Masa bayi : 0 – 1 tahun 
2. Masa anak : 1 – 12 tahun 
3. Masa Puber : 12 – 15 tahun 
4. Masa Pemuda : 15 – 21 tahun 
5. Masa dewasa : 21 tahun keatas
Diliaht dari segi budaya atau fungsionalya maka dikenal istilah anak, remaja dan dewasa, dengan perincian sebagia berikut : 
1. Golongan anak : 0 – 12 tahun 
2. Golongan remaja : 13 – 18 tahun
3. Golongan dewasa : 18 (21) tahun keatas 
Usia 0-18 tahun adalah merupakan sumber daya manusia muda, 16 – 21 tahun keatas dipandang telah memiliki kematangan pribadi dan 18(21) tahun adalah usia yang telah diperbolehkan untuk menjadi pegawai baik pemerintah maupun swasta. Dilihat dari segi ideologis politis, generasi muda adalah mereka yang berusia 18 – 30 – 40 tahun, karena merupakan calon pengganti generasi terdahulu. Pengertian pemuda berdasarkan umur dan lembaga serta ruang lingkup tempat pemuda berada terdiri atas 3 katagori yaitu : 
1. siswa, usia antara 6 – 18 tahun, masih duduk di bangku sekolah 
2. Mahasiswa usia antara 18 – 25 tahun beradi di perguruan tinggi dan akademi 
3. Pemuda di luar lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi yaitu mereka yang berusia 15 – 30 tahun keatas. 
Menurut UU No 40 tahun 2009 Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

Permasalahan Pada Generasi Muda
Masalah-masalah yang menyangkut generasi muda dewasa ini adalah:
1. Dirasakan menurunnya jiwa nasionalisme, idealisme dan patriotisme di kalangan generasi muda
2. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya
3. Belum seimbangnya jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia
4. Kurangnya lapangan dan kesempatan kerja.
5. Kurangnya gizi yang dapat menghambat pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasan
6. Masih banyaknya perkawinan-perkawinan di bawah umur
7. Adanya generasi muda yang menderita fisik dan mental
8. Pergaulan bebas
9. Meningkatnya kenakalan remaja, penyalahagunaan narkotika
10. Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengangkut generasi muda.

Peran Pemuda Dalam Masyarakat
1. Peranan pemuda yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
2. Peranan pemuda yang menolak unsur menyesuaikan diri dengan lingkungannya
3. Asas edukatif
4. Asas persatuan dan kesatuan bangsa
5. Asas swakarsa
6. Asas keselarasan dan terpadu
7. Asas pendayagunaan dan fungsionaliasi

Pengembangan Pemuda
bahwa UU No 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan menyebutkan 3 pilar yang fokus pada kepemudaan yakni penyadaran pemuda, pemberdayaan pemuda dan pengembangan pemuda itu sendiri. Sehingga kita tahu bahwa pemuda adalah pemilik hari depan bangsa. PP Nomor 41 tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan. Dengan demikian ada jaminan hukum bagi pemuda yang mengembangkan usahanya. Sehingga mereka bekerja lebih aman dan nyaman. Di bidang kepanduan, pemerintah, melakukan revitalisasi gerakan pramuka. 

Peran dan fungsi mahasiswa
pengertian mahasiswa di bedakan menjadi dua yaitu maha yang artinya tinggi, paling, lebih, besar dari pada yang lain sedangkan siswa artinya adalah orang yang belajar atau menuntut ilmu. Jadi menurut pendapat saya Mahasiswa adalah orang-orang yang belajar atau menuntut ilmu di perguruan tinggi atau universitas atau juga sekolah tinggi lainnya. Mahasiswa memiliki kedudukan paling tinggi di masyarakat. Oleh karena itu peran dan fungsi mahasiswa sangat di perlukan oleh masyarakat. Dengan peran dan fungsi tersebut sudah seharusnya mahasiswa berpikir bukan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang di sekitarnya.
Peran dan fungsi mahasiswa terdiri sebagai berikut :
1. Agen of change atau berperan sebagai agen perubahan
Mahasiswa sebagai agen of change. Mungkin kata-kata agen sering identik dengan penyalur atau perantara atau sales sedangkan change adalah perubahan yang lebih baik lagi. Jadi mahasiswa sebagai agen of change menurut pendapat saya adalah mahasiswa sebagai perantara perubahan yang lebih baik lagi dari masyarakat. Mahasiswa mendapat kesempatan lebih untuk mengengeluarkan pendapatnya kepada pemerintah. Dengan adanya mahasiswa aspirasi masyarakat tentang kebijakan pemerintah bisa di sampaikan dengan baik oleh mahasiswa. Kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah tentang perubahan undang-undang atau yang lainnya dapat di protes oleh mahasiswa dengan kreasi nya dalam menyuarakan pendapatnya.
2. Social control atau berperan sebagai kontrol sosial
Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang berbeda sifat, ras, suku, agama, tingkah laku, dan lain sebagainya. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut konflik atau pertikaian bisa saja terjadi di antara mereka. Misalnya perbedaan agama bisa menjadi konflik yang serius jika tidak ada toleransi antar masyarakat tersebut. Dengan demikian peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk menjadi kontrol atau penengah di dalam masyarakat. Mahasiswa yang baik bisa menjadi mengontrol masyarakat yang ada di sekitar nya sehingga konfilk yang terjadi bisa di atasi dengan baik.
3. Iron stock atau berperan sebagai penerus
Mahasiswa menjadi persedian yang kuat dan menjadi penerus harapan bagi bangsa. Mahasiswa yang mempunyai intelegensi dan akhlak yang baik dapat menjadi penerus bagi generasi yang sebelumnya. Sebagai pemuda mahasiswa harus memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Dengan cara belajar dengan rajin dan baik agar suatu saat nanti menjadi pemimpin bagi bangsa dan negara ini.

Referensi
1. http://celoteh-galang.blogspot.com/2012/10/pemuda-sosialisasi-identitas-perguruan.html
2. http://generasimudabangsa.blogspot.com/2011/03/masalah-dan-potensi-generasi-muda.html
3. http://suci_k.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14975/pemuda-dan-sosialisasi(4).pdf
4. http://edwarjufani.ngeblog.ittelkom.ac.id/2013/08/27/peran-dan-fungsi-mahasiswa-standar-seo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar